Manfaat Gambir Untuk Asam Urat

Manfaat Gambir Untuk Asam Urat

Pernahkah Anda mendengar tanaman herbal bernama gambir? Tidak dimungkiri bahwa nama tanaman ini termasuk yang masih asing di kalangan masyarakat awam. Padahal sebenarnya, gambir sudah menjadi salah satu tanaman kesehatan yang digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu khususnya oleh masyarakat di daerah Sumatera.

Berbincang tentang manfaat gambir untuk kesehatan, salah satu manfaat terbesar yang didapatkan adalah untuk mengatasi asam urat. Manfaat gambir untuk asam urat tersebut akan didapatkan dari kandungan yang ada di dalamnya.

Baca juga: Manfaat Gambas Untuk Asam Urat

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beragam kandungan gambir dan hubungannya dengan pengobatan asam urat. Apa saja kandungan tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Kandungan dan Manfaat Gambir Untuk Asam Urat

Sebagaimana disinggung di awal bahwa gambir memiliki cukup banyak kandungan yang sangat baik untuk meredakan asam urat yang menyerang. Adapun beragam jenis kandungan tersebut dan manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Antioksidan

Dalam penelitian yang dilakukan oleh M. Aditya dan Putri Ria Ariyanti dari Medical Journal of Lampung University, ditemukan bahwa gambir mengandung banyak sekali kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan ini akan berguna untuk melancarkan peredaran dan penyerapan nutrisi pada darah.

Dengan lancarnya peredaran dan penyerapan nutrisi tersebut, maka penumpukan zat pada bagian sendi sebagai biang asam urat bisa diatasi dengan baik. Tentu, antioksidan juga akan memberikan manfaat lain berupa peningkatan kesehatan.

2. Katekin

Katekin adalah salah satu kandungan utama dalam gambir yang juga memberikan cukup banyak manfaat. Kandungan ini termasuk golongan flavonoid. Adanya kandungan ini di dalam gambir bisa diandalkan untuk mengatasi peradangan yang muncul akibat asam urat. Dengan peradangan yang berkurang, tentu saja gangguan asam urat akan bisa diatasi dengan segera.

Cara Menggunakan Gambir Untuk Obat Asam Urat

Besarnya manfaat gambir untuk asam urat tentu tergantung pada penggunaan bahan alami ini. Tentu, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda harus mengaplikasikan bahan alami ini secara teratur. Nah, untuk pengobatan asam urat, Anda bisa membuat ramuan gambir dengan campuran madu dan meminumnya setiap hari.

Satu pemikiran pada “Manfaat Gambir Untuk Asam Urat”

Tinggalkan komentar